5 Cara Bagaimana Menjadi Pekerja Cerdas

Jangan Menjadi Pekerja yang Biasa-Biasa Saja, Cara Ini Bisa Membuat Anda Bekerja Cerdas. Begini, 5 Cara Bagaimana Menjadi Pekerja Cerdas.

5 Cara Bagaimana Menjadi Pekerja Cerdas
5 Cara Bagaimana Menjadi Pekerja Cerdas


Tak semua orang dapat melakukan hal yang sama karena ada yang bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dalam waktu 24 jam, tetapi ada juga yang kekurangan waktu dan tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya.

Apakah itu hanya terjadi di beberapa orang saja? Atau memang banyak? Pada dasarnya, mungkin kita semua pernah mendengar pepatah, "bekerja cerdas, bukan keras".

Bekerja cerdas sama pentingnya dengan bekerja keras, tetapi sering kali secara umum kita memilih bekerja keras karena tidak semua orang tahu bagaimana cara bekerja cerdas.

Berikut lima cara yang bisa kita lakukan untuk bekerja cerdas serta mampu lebih produktif dan efisien memanfaatkan waktu yang tersedia.

#1. Siapkan Tenaga Outsourcing

Setiap perusahaan yang ingin lebih produktif harus memiliki tenaga outsourcing, karena bisa menjadi virtual asisten yang dapat menghasilkan pekerjaan lebih banyak dengan biaya produksi yang lebih murah, lalu menghemat biaya tunjangan layaknya staf atau pegawai tetap perusahaan.

Tak heran jika perusahaan sekarang banyak yang merekrut tenaga kerja mereka melalui perusahaan penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing). Jadi, pertimbangkanlah untuk memanfaatkan tenaga outsourcing untuk menuntaskan beberapa pekerjaanmu.

Jika Anda merasa ragu dengan kemampuan outsourcing, Anda juga bisa mengetesnya terlebih dahulu sebelum merekrutnya.

#2. Delegasikan Pekerjaan Kepada Mitra Perusahaan

Jika Anda memiliki tim atau mitra dalam perusahaanmu maka cobalah untuk mendelegasikan pekerjaan dan tanggung jawab kepada anggota tim. Karena Anda tidak perlu menjadi superhero dari bisnismu. Cobalah untuk bisa memprioritaskan apa yang penting bagimu, lalu sisanya pada tim dan mitra di perusahaan.

Hal ini semua adalah tentang mendelegasikan tugas untuk orang yang tepat. Tetapi perlu diingat bahwa ini melibatkan kompetensi tugas dan mendelegasikan kepada kemampuan orang yang bertanggung jawab.

Jadi, mulailah dengan mendelegasikan tugas yang kecil kepada tim, lalu lihat bagaimana hasilnya sebelum akhirnya Anda memberikan tanggung jawab yang lebih besar untuk mulai mendelegasikan seluruh pekerjaan pada mereka.

#3. Fokus Pada Satu Hal dan Selesaikan dengan Sempurna

Banyak pengusaha akhirnya tak mampu menghasilkan apa-apa saat mereka memutuskan mengambil semua proyek yang ada di hadapannya. Padahal yang sesungguhnya terjadi, pengusaha-pengusaha gagal itu sedang tidak fokus pada hal yang mereka kira mampu mereka selesaikan.

Oleh karena itu, untuk mencapai sebuah kesuksesan dan dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan penuh produktivitas. Alangkah baiknya kita dapat fokus pada satu hal dalam suatu waktu karena dengan begitu perhatian kita tidak tersita.

Bayangkan saja jika dalam suatu waktu kita membagi perhatian kita pada beberapa proyek, tentu kita tidak bisa maksimal dalam menyelesaikan setiap proyek bukan.

#4. Memiliki Jadwal Pekerjaan dan Istirahat yang Seimbang

Seorang yang ingin sukses memanfaatkan waktu dengan efektif dan produktif harus mampu mengatur jadwal pekerjaan dengan baik dan seimbang. Karena jadwal yang baik akan membuat seseorang lebih konsisten sehingga bisa meningkatkan produktivitas.

Bisa juga memanfaatkan Pododoro Timer yang memungkinkan bagi seseorang untuk memiliki istirahat secara teratur tanpa harus berpikir tentang hal itu, atau mengingatkan diri Anda untuk beristirahat.

#5. Efisiensi Waktu Sebanyak Mungkin

Dalam sebuah bisnis, banyak hal dilakukan secara berulang-ulang sehingga kita bisa meningkatkan efisiensi. Misalnya, dalam kegiatan sehari-hari kita berinteraksi dengan konsumen dan menjawab pertanyaan mereka.

Salah satu cara yang paling umum untuk menghemat waktu dan layanan pelanggan adalah menyiapkan tanggapan untuk setiap pertanyaan yang paling sering diterima.

Selain itu, kita juga bisa mengurangi rapat staf karena hanya memeriksa email pada jadwal yang telah ditentukan, mengonsolidasikan perangkat lunak, atau memperpendek daftar pekerjaan yang sudah terjadwal.

Cobalah untuk menemukan hal-hal yang berlebihan dalam proses penyelesaian pekerjaan yang berpotensi untuk memperpanjang waktu kerja.

Anda bisa menghilangkan itu agar waktu yang Anda miliki lebih efisien untuk menyelesaikan semuanya tepat waktu, atau bahkan jauh sebelum deadlineyang telah ditetapkan. Karena dimasa ini bekerja cerdas jauh lebih penting ketimbang bekerja keras.
0 Komentar untuk "5 Cara Bagaimana Menjadi Pekerja Cerdas"

Back To Top