Yuk, Kenali Jenis Asuransi Mobil Berikut dan Pilih Sesuai Kebutuhanmu

Jenis Asuransi Mobil Berikut dan Pilih Sesuai Kebutuhanmu
Jenis Asuransi Mobil Berikut dan Pilih Sesuai Kebutuhanmu

Sebagai pemilik mobil kita harus teliti sebelum memilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Selain itu juga harus teliti mengenai apa keuntungan yang diperoleh jika memilih asuransi tersebut dan apa saja kerugian yang akan ditanggung oleh perusahaan.

Nah sebelum kamu memilih asuransi, ada baiknya kamu memahami dulu jenis asurasni berikut agar bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.


1. All Risk atau Comprehensive

Asuransi jenis ini menanggung keurasakan total (total loss) dan juga kerusakan sebagian. Preminya memang sedikit mahal yaitu 3 % dari harga mobil, namun kamu akan mendapatkan manfaat yang sebanding dengan uang yang kamu bayarkan.

Meskipun begitu kamu juga perlu mencermati bahwa asuransi juga memiliki batasan untuk mengcover kerusakan yang ditimbulkan, tergantung perushaan mana yang kamu pilih.


2. Total Loss Only (TLO)

TLO ditujukan untuk memberikan perlindungan atau mengcover kendaraan yang mengalami kerusakan total (total loss accident ) atau biaya perbaikan mencapai 75%. Jenis asuransi ini tidak mengcover kerusakan-kerusakan kecil atau kerusakan dibawah 75 %. Untuk premi, asuransi jenis ini cukup rendah yaitu han...

Dalam asuransi ada istilah Total Loss Only (TLO) dan All Risks/Comprehensive. TLO ditujukan untuk memberikan perlindungan atau mengcover kendaraan apabila kendaraan mengalami kerusakan total (total loss accident) atau biaya perbaikan mencapai 75%.

Jenis asuransi ini tidak mengcover kerusakan-kerusakan kecil ( partial loss) seperti baret-baret di body mobil, kehilangan spion, dll. Intinya asuransi TLO tidak menanggung risiko jika kerusakan dibawah 75%. Asuransi ini memiliki premi rendah, hanya sekitar 1% dari harga mobil.

Sedangkan jenis asuransi Comprehensive menanggung kerusakan total (total loss) juga kerusakan sebagian ( partial loss). Bagaimanapun perlu dicermati juga bahwa asuransi memiliki batasan untuk mengcover kerusakan yang ditimbulkan.

Misal kerusakan akibat banjir dan gempa bumi, kita perlu melakukan perjanjian perluasan tanggungan dengan asuransi tersebut, untuk premi memang sedikit mahal sekitar 3 % dari harga mobil. Tapi ini sepadan karena konsumen akan mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal.

Asuransi untuk kendaraan nggak cuma mobil saja tapi juga motor. Asuransi kendaraan bermotor biasanya menjamin dua risiko yaitu kerugian atau kerusakan kendaran bermotor, dan tanggung gugat. Tanggung gugat adalah tanggung jawab hukum tertanggung gerhadap pihak ketiga yang berkaitan dengan penggunaan kendaraan bermotor.

Contoh risiko yang tidak dijamin misalnya motor yang dikendarai kecelakaan karena sedang mengikuti balapan, ini tidak bisa di klaim ke perusahaan asuransi. Jadi harus kritis bertanya hak-hak apa saja yang kita dapatkan saat mengajukan claim, jangan sampai menyesal dibelakang hari.
0 Komentar untuk "Yuk, Kenali Jenis Asuransi Mobil Berikut dan Pilih Sesuai Kebutuhanmu"

Back To Top