Inilah Bahaya Merokok Didalam Mobil, Dari Interior Rusak Hingga Kanker


Inilah Bahaya Merokok Didalam Mobil, Dari Interior Rusak Hingga Kanker
Inilah Bahaya Merokok Didalam Mobil, Dari Interior Rusak Hingga Kanker


Salah satu kebiasaan buruk yang haram dilakukan dalam mobil adalah merokok. Merokok di dalam mobil ternyata sangat berbahaya, bahkan dikabarkan ada yang tewas usai merokok di dalam mobil.

Jangankan dimobil, merokok saja sudah sangat membahayakan, apalagi merokok di dalam kendaraan. Hal itu juga didukung dengan berbagai penelitian yang telah dilakukan.

Temuan dari ilmuwan di University of California menunjukkan, asap rokok di mobil dan kendaraan lainnya menimbulkan potensi risiko merusak kesehatan yang cukup besar.

Ada beberapa kelompok kimia beracun yang ditimbulkan dari asap rokok. Seperti meningkatkan butadeina, akrilonitril, benzena, dan etilen oksida.

Ancaman juga tak hanya dialami para pengemudi yang merokok. Penumpang lain yang berada di dalam mobil juga tak lolos dari intaian kematian saat ada yang merokok di dalam mobil, terutama ketika sedang bersama anak-anak.

Selain itu meski membuka jendela mobil dapat membersihkan udara namun itu tetap berbahaya. Lantaran yang terjadi udara dari luar tersedot dan mendorong asap langsung menuju penumpang di kursi belakang.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak merokok dan berada satu mobil dengan perokok selama satu jam akan mengalami peningkatan kadar karsinogen dalam urine.

Partikel halus tersebut bisa masuk ke dalam paru-paru dan juga aliran darah, sehingga meningkatkan berbagai risiko penyakit. Paparan asap rokok yang cukup sering bisa menyebabkan anak mengalami radang tenggorokan, asma, pneumonia atau radang paru-paru.

Selain berbahaya untuk orang sekitar, rokok juga merusak sistem AC dimana nanti asapnya akan terhisap oleh blower. Asap dari blower tersebut akan menempel pada evaporator. Akibatnya evaporator akan cepat kotor dan cepat bau.

Terlebih polutan yang berasal dari asap rokok ini bertahan lama dalam interior mobil, bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lamanya.

Itulah artikel tentang Bahaya Merokok Didalam Mobil, Dari Interior Rusak Hingga Kanker yang semoga bermanfaat. Salam Aktual88 :)
1 Komentar untuk "Inilah Bahaya Merokok Didalam Mobil, Dari Interior Rusak Hingga Kanker"

Back To Top