Tips Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus SMA/ SMK

Tips Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus SMA/ SMK yang mungkin menginspirasi dan bermanfaat bagi anda adik-adik SMA/ SMK yang baru lulus.

Tips Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus SMA/ SMK
Tips Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus SMA/ SMK


LULUS SMK, bingung mau apa & mau bagaimana..???

supaya tidak STRES..., silahkan baca sampai selesai anak-anakku, siswaku yang tercinta & saya sayangi, hehehe....

lewat tulisan ini, mudah-mudahan menjadikan semangat kalian berkobar-kobar untuk meraih masa depan yang lebih baik, tidak bingung setelah lulus & cepat mendapatkan pekerjaan....

jangan sampai setelah lulus cuma nganggur, mangan turu tok, hanya dirumah merepotkan orang tua saja, banyak omongan negatif tetangga kanan kiri, akhirnya lulus malah jadi stres...

mau kerja, kerja apaa... mau kuliah bingung gak punya uang, orang tua juga susah... kalopun tongkrang tongkrong klayaban gak jelas juga gak ada gunanya, pasti nanti kamu nyesel setengah mati, umur semakin tua, bukannya kerja/ meraih masa depan yang bagus & membahagiakan orang tua malah cuma jadi beban hidup orang lain saja....

15 Tips Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus SMA/ SMK

nah, sedikit tips dari saya untuk para Alumni SMK Al-Irsyad Kota Tegal, setelah lulus, mau apa sih sayaaa..?????

#1. tentukan pilihan dari sekarang... mau KERJA, KULIAH, ato jadi wirausahawan (dagang, jualan, dll), bisa juga kuliah sambil kerja.

#2. kalo cita-citamu pengin kuliah tapi orang tua tidak menyanggupi, coba cari beasiswa (googling di internet, banyak) atau cari kerja untuk batu loncatan stelah beberapa bulan baru daftar kuliah (bagi anak-anak yang mau prihatin tapi memiliki cita-cita & semangat yang tinggi)

#3. jika mantap ingin bekerja dulu, buatlah LAMARAN sebanyak-banyaknya & kalo bisa dikirim secara langsung ke alamat perusahaan melalui kantor pos. "JANGAN" melalui CALO/ PERANTARA/ LPK/ BKK abal-abal/ outsourching/ pihak lain barangkali kena TIPU. cari informasi sebanyak2nya di internet website resmi perusahaan yang akan dimasuki lamaran.

contoh :

http://www.yamaha-motor.co.id/career/job-vacancies/sma-smk
https://auto2000.co.id/career_faq/
recruitment@astra-honda.com
https://kai.com
https://posindonesia.com
dll... yang mungkin gajinya bisa 10juta +/ bulan

#4. coba daftar-daftar POLRI, TNI secara online siapa tau gusti Allah ngijabahi kamu masuk sini...

situs :

http://rekrutmen-tni.mil.id/v2/index.php
http://penerimaan.polri.go.id/

#5. buat surat lamaran & CV yang kreatif.. kalo bisa, untuk surat lamaran usahakan tulis dengan tangan menggunakan pulpen jangan diketik komputer (jangan tanya kenapa). untuk CV buat di komputer yang semenarik mungkin, jangan yang biasa-biasa saja seperti pelamar lain.

#6. cari informasi tentang program beasiswa masuk perguruan tinggi, cobalah untuk bergabung, siapa tau bisa lulus seleksi dan bisa kuliah gratis.

#7. kuasai aplikasi dasar komputer seperti office (word, excel, power point) dengan baik, karena sekarang rata-rata perusahaan menuntut para calon karyawan untuk bisa mengoperasikan teknologi yang sudah sangat umum ini. akan lebih baik lagi jika bisa ngeblog, email, web, youtube, bikin apps, dll. dan juga bisa photoshop, corel draw dll, karena yang di butuhkan bukan hanya ijasah saja, tetapi skill.

#8. gunakan medsos (facebook, twitter, youtube, ig, line, dll) untuk posting hal-hal positif. karena sekarang bisa jadi, saat kamu melamar kerja, PERUSAHAAN akan lihat-lihat profil kamu di medsos. jangan sampe yah ada status atau foto NORAK terpajang di akun medsos kalian, gak bakal diterima kerja pasti...

#9. terus belajar bahasa inggris, minimal secara "pasif". dan kalo bisa dan lebih baik lagi bisa menguasai secara aktif.

#10. jangan terlalu berharap untuk dikasihani orang lain. kerja keraslah & berusahalah sendiri...

#11. hati-hati terhadap PENIPUAN seperti MLM (d*s, ti*n, u*o, ori*lame, m*i, pay**ren, ngelim benang teh, jadi sales abal-abal, produk kecantikan/ kesehatan/ pertanian, dll yang menjanjikan dapat uang jutaan tapi cuma modus dan NIPU... waspadalah!!

#12. jangan gunakan waktumu hanya untuk kluyuran gak jelas, "klendangan", klayaban, hura-hura, sok jalan2, sok touring2, dll yang tidak bermanfaat..

#13. jangan bergaul/ berteman dengan orang-orang yang tidak jelas hidupnya, se* bebas, terlibat dalam narkotik, obat-obatan terlarang, minum-minuman keras atau yang melanggar hukum... karena walopun kamu tidak ikut-ikutan, kamu akan dianggap melindungi mereka dan akan tetap dipenjara jika kamu dalam satu komplotan mereka. hati-hati & waspadalah... bertemanlah dengan orang-orang yang memiliki aura positif buat masa depan kalian.

#14. selalu berusaha baik mungkin, ikhtiar, sabar, berdo'a dan selalu mendekatkan diri pada Allah SWT, supaya slalu ditunjukan jalan yang terbaik...

#15. bahagiakanlah bapak / ibumu... jangan pernah membentak orang tua, rawatlah bapak / ibumu, patuhilah semua perintahnya, sayangi mereka karena doa & senyum bapa/ ibumulah yang akan membuat kamu bahagia...

itu dulu sedikit tips, motivasi, inspirasi & pengalaman yang dapat saya berikan...

tulisan ini saya persembakan khusus buat kalian... semoga Tips Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus SMA/ SMK bisa bermanfaat, sukses untak kalian semua...
0 Komentar untuk "Tips Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus SMA/ SMK"

Back To Top