Presiden Jokowi, Tahun ini 5 Juta Sertifikat Tanah segera dibagikan kepada Masyarakat

Presiden Jokowi, Tahun ini 5 Juta Sertifikat Tanah segera dibagikan kepada Masyarakat.

Memiliki sertifikat tanah itu membuat setiap orang berani mengatakan: “Ya, saya pemilik Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini buktinya, sertifikat tanah saya". 

Presiden Jokowi, Tahun ini 5 Juta Sertifikat Tanah segera dibagikan kepada Masyarakat
Presiden Jokowi membagikan sertifikat kepada 1.158 warga dari Sumatera Utara

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat. Dari 106 juta bidang tanah di Indonesia, baru 46 juta bidang yang telah disertifikatkan. Saya menginginkan, pada tahun 2025 nanti semua bidang tanah telah bersertifikat.

Dari Mandailing Natal, Sumatera Utara, Sabtu 25 Maret -- sambil membagi sertifikat kepada 1.158 warga dari Sumatera Utara -- saya memberi target kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang: tahun ini lima juta sertifikat tanah segera dibagikan kepada masyarakat. Jangan hanya 500-700 ribu seperti biasanya.

Pembagian sertifikat tanah sebagai bagian reforma agraria adalah untuk mewujudkan keadilan dalam penguasaan, pemilikan, penggunaan dan dalam pemanfaatan tanah, wilayah, dan sumber daya yang ada di dalamnya.

Reforma agraria bukanlah sebatas persoalan administrasi, bukan hanya untuk penyelesaian sengketa agraria antara masyarakat dengan perusahaan atau antara masyarakat dengan pemerintah. Tapi ini masalah keadilan.

Terima kasih atas programnya pak presiden, sekali lagi saya sebagai WNI sangat berterima kasih atas program ini yang telah bapak jalankan. Sebenarnya semua warga negara indonesia, warganya bapak mau sekali punya sertifikat tanah.

Pak, kami sangat berharap sekali program bapak ini benar - benar di rasakan sama masyarakat indonesia dari sabang - merauke pak, karena kami ini juga rakyat bapak, tidak tahu sama siapa kami harus mengadu pak.
0 Komentar untuk "Presiden Jokowi, Tahun ini 5 Juta Sertifikat Tanah segera dibagikan kepada Masyarakat"

Back To Top