5 Tips Ampuh Mengatasi Mabuk Kendaraan Tanpa Minum Obat

Aktual88 - 5 Tips Ampuh Mengatasi Mabuk Kendaraan Tanpa Minum Obat yang semoga bermanfaat bagi anda yang akan atau sedang melakukan perjalanan jauh dengan bus ato mobil pribadi.

5 Tips Ampuh Mengatasi Mabuk Kendaraan Tanpa Minum Obat


Mabuk kendaraan bisa menyerang siapa saja. Tidak hanya untuk yang jarang naik mobil atau bus, bahkan yang sudah biasa pun bisa saja dilanda mabuk kendaraan.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mabuk di dalam kendaraan. Mulai dari kondisi badan yang tidak sehat sampai perilaku di dalam kendaraan bisa menjadi penyebabnya.

Saat ini, memang banyak obat anti mabuk kendaraan. Akan tetapi, terlalu sering mengonsumsi obat-obatan tersebut tidak baik loh untuk kesehatan. Apalagi, rasa kantuk yang disebabkan oleh efek samping obat, membuat pengalaman perjalananmu menjadi tidak maksimal.

Nah, untuk Bro and sis yang masih sering mabuk kendaraan dan tidak suka mengonsumsi obat anti mabuk. Berikut 5 tips ampuh untuk mengatasi masalah mabuk kendaraan.

1. Jangan Bermain Gadget Terlalu Lama!

Bermain gadget atau melakukan aktivitas seperti membaca yang terlalu lama di dalam kendaraan bisa mengakibatkan pusing loh! Banyaknya aplikasi dan permainan yang bersifat time killer memang membuat orang-orang sulit untuk lepas dari gadgetnya.

5 Tips Ampuh Mengatasi Mabuk Kendaraan Tanpa Minum Obat

Ternyata, ketika Bro and sis berkendara, keadaan biologis otak dan tubuh mengalami dilema. Berbeda ketika berpindah tempat dengan berjalan kaki atau berlari, tubuh akan terasa biasa saja karena kita merasakan perpindahan secara biologis melangkahkan, bergerak. Sedangkan ketika berkendara, tubuh akan berpindah tempat tanpa mengalami proses biologis.

Jadi, otak akan mengalami stres dan menganggap bahwa tubuh berada dalam kondisi yang salah. Ditambah lagi, bila bermain gadget, otak yang sedang dalam kondisi stres dipaksakan untuk fokus.

Alhasil, otak akan merespon bahwa tubuh dalam kondisi keracunan sehingga berdampak pada pusing dan mual.

2. Jangan Lapar atau Kekenyangan!

Kondisi perut yang kosong dapat memicu asam lambung. Ketika zat asam memenuhi lambung, ditambah dengan medan perjalanan yang berliku, kemungkinan besar Bro and sis akan merasakan mabuk kendaraan.

5 Tips Ampuh Mengatasi Mabuk Kendaraan Tanpa Minum Obat


Tidak hanya untuk makanan loh ya, kondisi lambung yang penuh dengan air minum juga bisa menyebabkan mabuk di dalam kendaraan.

Selain itu, kalau kondisi perut Bro and sis kekenyangan, bisa kerepotan kan kalau ingin buang air kencing atau buang air besar di jalan.

3. Gunakan Minyak Angin atau Aromaterapi

Cara ini merupakan salah satu cara klasik yang digunakan untuk menghindari mabuk kendaraan. Ketika sedang merasakan mabuk kendaraan, minyak angin atau aromaterapi juga bisa digunakan untuk menetralisir kondisi tidak enak badan.

5 Tips Ampuh Mengatasi Mabuk Kendaraan Tanpa Minum Obat


Selain itu, minyak angin juga bisa digunakan untuk mencegah mabuk kendaraan. Ketika naik atau sebelum naik kendaraan, Bro and sis bisa mengoleskan minyak angin ke pusar.

Cara ini berguna untuk mencegah tubuh masuk angin, paling ampuh untuk digunakan ketika duduk di depan arus ac mobil.

4. Alihkan Perhatian Perjalanan dengan Mengobrol!

Mengobrol di dalam kendaraan juga bisa mencegah mabuk kendaraan loh. Ketika mengobrol, perhatian kita akan fokus dengan lawan bicara, sehingga otak kita hanya akan merespon situasi pembicaraan ketimbang perjalanan.

5 Tips Ampuh Mengatasi Mabuk Kendaraan Tanpa Minum Obat


Namun, jangan mengobrol dengan menghadap belakang atau berlawanan dengan arah perjalanan. Karena di dalam kondisi ini, Bro and sis justru akan merasa pusing dan bisa mabuk kendaraan.

Selain itu, jangan berat-berat ya pembicaraannya. Takutnya, bro and sis bisa pusing karena obrolannya, bukan karena kendaraannya.

5. Menikmati Pemandangan di Perjalanan

Ketika tidak ada teman untuk mengobrol, Bro and sis bisa melakukan hal ini untuk menghindari mabuk kendaraan. Menikmati pemandangan di perjalanan ditemani dengan musik favorit bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan rasa mabuk kendaraan.

5 Tips Ampuh Mengatasi Mabuk Kendaraan Tanpa Minum Obat


Hanya saja, cara ini tidak bisa dilakukan di setiap kondisi perjalanan. Apalagi, untuk perjalanan di perkotaan, karena kemungkinan yang Bro and sis liat bukan pemandangan alam, melainkan kemacetan.

itulah sedikit artikel dari kami tentang 5 Tips Ampuh Mengatasi Mabuk Kendaraan Tanpa Minum Obat yang mudah - mudahan dapat bermanfaat bagi anda khususnya yang sedang atau akan bepergian jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun bus.

Setelah membaca beberapa tips di atas, perjalanan Bro and sis pasti akan lebih nyaman dan berkesan. Selamat travelling ya Bro and sis!

sumber: daihatsu.co.id
0 Komentar untuk "5 Tips Ampuh Mengatasi Mabuk Kendaraan Tanpa Minum Obat"

Back To Top